Pages

Friday, April 29, 2011

Tips High Heels

Sepatu berhak tinggi (high heels) dapat menambah rasa percaya diri bagi wanita yang mengenakannya, juga dapat membuat tubuh terlihat lebih tinggi dan seksi. Namun jika terlalu sering mengenakan high heels dapat juga membahayakan kesehatan kaki.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli dan mengenakan high heels:
1. Pilihlah sepatu yang tepat
    Pilih ukuran sepatu yang sesuai dengan kaki Anda. Sepatu yang terlalu besar akan meninggalkan bagian   tumit terlalu longgar, sebaliknya sepatu yang terlalu sempit akan membuat jari-jari kaki Anda tertekan.
    Sebelum membeli, cobalah sepatu baru dengan berjalan-jalan di sekitar toko, jangan terburu-buru untuk membeli walaupun model sepatunya sangat menarik.



2. Gunakan bantalan yang terbuat dari silikon yang banyak dijual di pasaran. Bantalan dapat mengurangi lecet atau panas pada kaki Anda akibat benturan maupun gesekan dengan sepatu.
3. Untuk stabilitas Anda dapat mencari sepatu dengan hak yang agak tebal. Hak yang lebih tebal dapat mengurangi tekanan tubuh pada kaki Anda.

Postur Tubuh
Postur tubuh harus diperhatikan dalam mengunakan sepatu berhak tinggi agar terhindar dari keluhan sakit pada punggung dan juga membantu Anda merasa nyaman.
Pastikan tubuh Anda harus lurus dari kepala hingga kaki, kepala dan dagu dijaga tetap tegak sehingga tatapan mata lurus ke depan, bahu ditarik ke belakang dan ke bawah, bagian perut juga lurus sampai lutut.

Berjalan dengan High Heels
Cara Anda berjalan dengan high heels sebenarnya memainkan peranan penting dalam timbulnya rasa sakit maupun resiko cedera.
Melangkahlah dengan langkah yang panjang, biarkan hak menyentuh tanah terlebih dahulu untuk menjaga keseimbangan Anda. Jangan kuatir akan hak Anda yang tipis, hak tersebut telah dirancang untuk tak mudah patah. Cobalah untuk membuat hak sepatu berada segaris dengan ibu jari kaki yang satunya.
Untuk mulai berjalan biarkan betis dan kaki mengayun seolah-olah dari engsel lutut Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk memindahkan dengan perlahan beban dari hak sepatu ke jari-jari kaki dan membantu menciptakan dorongan saat Anda melangkah ke depan. Pastikan pergelangan kaki dan lutut tidak kaku sehingga Anda dapat meredam efek dari setiap langkah. Biarkan pinggul Anda bergerak mengikuti ayunan langkah Anda.

Percaya Diri
Terakhir dan terpenting, Anda harus percaya diri. Berjalanlah dengan penuh gaya. Jika Anda seorang pemula, percayalah semua perempuan yang terlihat nyaman memakai high heels-nya karena mereka sudah memiliki jam terbang yang banyak.

Janganlah mengunakan high heels yang sama untuk waktu yang lama, tukarlah dengan sepatu dengan hak yang berbeda ketinggiannya agar kaki Anda dapat lebih nyaman. Karena masing-masing hak memiliki tekanan yang berbeda terhadap kaki Anda.

Sumber: Kompas